SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI INDOCLEANPIPE SPESIALIS PEMBERSIHAN PIPA 100% TANPA KIMIA

Kamis, 25 Juni 2020

Tips Mengetahui Pipa Sudah Kotor atau Belum



Berikut admin coba memberikan Tips Praktis cara untuk mengetahui apakah pipa instalasi di Rumah atau Gedung yang rekan rekan kelola pipa instalasi air bersihnya sudah berkerak atau belum. namun teknik ini hanya untuk mengeluarkan sedikit lapisan kerak pipa terlunak saja. dan tidak di sarankan dilakukan untuk pipa instalasi yang aliran airnya sudah sangat kecil karena akan beresiko menimbulkan kerak pipa ngeblok atau membuat pipa menjadi mampat total.

Untuk Pengetesan Pada Rumah
untuk pengetesan sudah banyak kerak didalam pipa atau belum pada rumah yaitu dengan cara :
1. habiskan air yang ada dalam toren sampai airnya tidak dapat keluar dari tiap tiap kran. setelah itu posisi kran tetap terbuka dan isi kembali toren yang kosong tadi. kemudian lihat aliran air yang mengalir kembali melalui kran yang terbuka. jika aliran keruh kecoklatan berarti sudah ada lapisan kerak didalam pipa dan kerak pipanya lebih ke kerak pipa organik ( kerak pipa yang banyak di hidupi oleh mikro organisme, bakteri, kuman dan ecoly )
namun jika air keluar keruh kecoklatan dan disertai sedikit butiran pasir hitam, maka lapisan kerak pipa sudah cukup tebal didalam pipa dan karakteristik kerak pipanya disertai kerak pipa dari endapan zat besi berikut organisme juga.
namun jika saat air kran mengalir dan air tetap bersih, maka dipastikan pipa anda masih sangat tipis kerak pipanya dan tidak perlu dilakukan cleaning pipa.

Untuk Pengetesan Pada Gedung
1. Pengetesan pada unit apartemen dan Room kamar hotel. bisa dilakukan dengan cara alirkan air melalui tiap tiap titik kran kemudian tutup stop valve pada water meter yang ada pada shaft plumbing untuk unit apartemen dan tutup stop valve yang ada pada shaf riser saja untuk  unit room hotel. biarkan sampai air kran tidak mengalirkan air lagi. setelah beberapa menit kosong tidak ada air, kemudian buka kembali aliran air dari stop valve dan lihatlah air yg keluar pada titik kran apakah keruh kuning kecoklatan atau bersih. jika keruh berarti didalam permukaan pipa sudah banyak terdapat kerak pipa dan diperlukan maintenance cleaning pipa. dan jika ternyata air yg mengalir masih bersih itu pertanda lapisan kerak pipa masih sangat tipis sehingga tidak memerlukan proses cleaning pipa.
saya tidak menyarankan untuk melakukan tindakan exstrim dengan mengosongkan rooftank atau menutup valve output rooftank kemudian mengalirkan kembali airnya. karena tindakan tersebut akan memicu water hammer pada instalasi pipa sehingga memicu banyak lapisan kerak pipa yang terlunak akan terkikis secara bersamaan akibatnya air akan sangat keruh pada semua unit apartemen atau room hotel dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan efek keruh tersebut dengan proses drain yang memerlukan banyak sekali air yang terbuang untuk proses tersebut. dan efek terjeleknya adalah akan ada kerusakan/ kebocoran pada instalasi.

Semoga Tips ini berguna.

Salam
Bang Choi Indocleanpipe

Video Proses Cleaning Pipa Klik Video di bawah ini :



3 komentar:

  1. Siang Pak apa jual obat untuk membersihkan pipa paralon yg berkurang atau ada endapan seperti kotoran tanah pada pipa

    BalasHapus
  2. jasa cleaning pipa, jasa maintenance pembersih pipa, jasa pembersihan permukaan dalam pipa, jasa melancarkan air, jasa tembak pipa, jasa pipa tersumbat, air kran mati, solusi air kran kecil, solusi pipa tersumbat, solusi air kran mampat, solusi air bau, solusi air keruh, solusi air kran kotor, indocleanpipe pipe cleaning specialist, drcleanpipe, mrcleanpipe, jasa scalling pipa, jasa sumbatan pipa, pipa tersumbat, pipa mampat, air kamar mandi bau, air kamar mandi keruh, air kamar mandi kotor, kamar mandi mampat, jasa sterilisasi pipa air bersih, jasa pembersih pipa air panas, pipa air panas tersumbat, air panas kamar mandi keruh,

    BalasHapus